031-9984-0128 | 081-656-2605 develop@gravcode.com
online shop service

Langkah Membangun Online Shop Berbasis Web

Melanjutkan dari pembahasan mengenai 5 langkah pertama yang cukup efektif untuk membangun web e-commerce atau online shop berbasis web yang sukses, admin akan memberikan ulasan lanjutan mengenai materi terkait.

Langkah Lanjutan Membuat Online Shop

  • Atur Metode Pengiriman Barang untuk Pelanggan

Pastikan pelanggan dapat memperoleh produk-produk Anda dengan mengatur langganan jasa pengiriman barang terbaik, seperti COD (Cash on Delivery), Same-day Delivery, JNE, JNT, SiCepat, dll. Perusahaan jasa pembuatan website e-Commerce (online shop berbasis web) dapat membantu Anda mencantumkan syarat dan ketentuan pengiriman dalam web, tetapi pemrosesan pengiriman hanya dapat ditangani oleh internal perusahaan Anda sendiri. Rentang waktu masa pemrosesan harus cepat dan mudah dilacak. Ada baiknya juga Anda langsung mengirimkan notifikasi kode tracking kepada pelanggan setelah produk dikirimkan.

  • Pratinjau Website dan Uji Alur Kerja Internal

Setelah website e-Commerce atau online shop Anda selesai dibuat, coba dulu untuk menggunakan fitur-fiturnya. Minta rekan Anda untuk berpura-pura menjadi calon pelanggan yang baru masuk ke web. Kemudian tanyakan kepadanya, apakah deskripsi produk cukup jelas dan proses order dapat dilakukan dengan cepat? Apabila semuanya sudah berfungsi baik, maka perusahaan jasa pembuatan web akan menyerahkan kendali operasional web e-Commerce kepada Anda.

Pada titik peralihan kendali ini, Anda wajib memastikan bahwa manajemen internal perusahaan siap untuk menjalankan langkah-langkah berikutnya. Staf Anda harus bisa menangani beragam aktivitas bisnis e-Commerce mulai dari meng-input produk, menerima pesanan, melayani pesanan secara teratur dan lancar, memasang iklan, dan lain sebagainya dalam alur kerja sistematis.

  • Input Produk dalam Website

Sebuah website e-Commerce atau online shop perlu menampilkan foto produk sekaligus deskripsi terperinci secara atraktif. Anda dapat mengajukan request kepada perusahaan jasa pembuatan website tentang berapa jumlah rincian produk yang dapat diunggah ke dalam web. Namun, staf perusahaan Anda-lah yang akan mengambil foto produk, membuat deskripsinya, dan melakukan input setiap rincian produk baru. Pemilihan produk termasuk strategi bisnis e-Commerce yang semestinya menjadi rahasia internal perusahaan Anda.

  • Rancang Metode untuk Menjaring Pelanggan Potensial

Selanjutnya, manajemen internal perusahaan Anda perlu menyusun strategi untuk menjaring pelanggan potensial. Beberapa opsi populer antara lain memasang iklan tertarget via Google atau Facebook Ads, serta menjalin endorsement dengan selebgram ternama yang dianggap sebagai tokoh berpengaruh bagi target pasar Anda. Anda juga dapat meng-update blog dengan artikel-artikel yang teroptimasi SEO untuk mendorong web masuk ke halaman pertama dalam pencarian Google.

  • Rancang Metode untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Jangan biarkan pelanggan yang masuk ke web e-Commerce Anda pergi setelah melakukan satu transaksi. Pertahankan loyalitas mereka dengan menyusun database pelanggan yang rapi, mengirim newsletter secara berkala, membuat membership program, mengadakan promo pada momen-momen tertentu, dan masih banyak lagi.

Demikianlah 10 langkah untuk membangun web e-Commerce atau online shop berbasis web yang sukses, dimana 5 langkah awal telah dibahas pada artikel sebelumnya. Sebagian diantaranya dapat dilaksanakan dengan bantuan perusahaan jasa pembuatan website. Namun, kesuksesan secara menyeluruh akan ditentukan oleh ketangkasan dan kelihaian manajemen perusahaan Anda sendiri dalam memilih produk berkualitas, menarik minat pelanggan potensial, dan meningkatkan loyalitas mereka. Oleh karena itu, persiapan internal perusahaan untuk mengambil alih website harus menjadi prioritas Anda.

WhatsApp Support
Kami online menjawab kebutuhan/ pertanyaan Anda.
👋 Hi, dengan Gravcode, ada yang bisa dibantu?