031-9984-0128 | 081-656-2605 develop@gravcode.com
membuat website e-commere

10 Langkah Membangun Website Ecommerce

Bisnis e-Commerce semisal sosmed shop, website ecommerce atau online shop semakin populer dan menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat era industri 4.0. Laporan majalah eMarketer tentang Global e-Commerce 2019 menyebutkan omset diperkirakan akan meningkat 20,7% dalam tahun 2019 menjadi lebih dari USD3,5 Triliun. Laju pertumbuhannya bahkan lebih pesat dibandingkan penjualan ritel global yang diperkirakan hanya naik 4.5% dalam periode yang sama.

Bisnis e-Commerce semakin populer dan menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat era industri 4.0. Laporan majalah eMarketer tentang Global e-Commerce 2019 menyebutkan omset diperkirakan akan meningkat 20,7% dalam tahun 2019 menjadi lebih dari USD3,5 Triliun. Laju pertumbuhannya bahkan lebih pesat dibandingkan penjualan ritel global yang diperkirakan hanya naik 4.5% dalam periode yang sama.

Lima Langkah Pertama Membangun Website Ecommerce

  • Pilih Jasa Pembuatan Website Ecommerce

Anda dapat membangun website e-Commerce sendiri dengan memanfaatkan builder seperti Shopify dan lain sebagainya. Namun, Anda juga bisa memesan web siap pakai dari jasa pembuatan website ecommerce. Cara ini justru bisa jadi lebih praktis dan murah daripada bereksperimen sendiri. Anda dapat berfokus menyiapkan manajemen internal perusahaan untuk menjalankan aspek-aspek bisnis e-Commerce lain setelah web dibangun, antara lain pembuatan foto dan deskripsi produk, menata mekanisme pemrosesan pesanan, dan memasang iklan untuk menjaring pelanggan.

  • Pilih Paket Pembuatan Website yang Cocok

Penyedia jasa pembuatan website akan menyiapkan platform ecommerce yang tepat dan terkustomisasi khusus untuk Anda. Anda cukup menyesuaikan spesifikasi paket pembuatan web yang diinginkan dengan anggaran dana.

  • Pilih Nama Domain Usaha Anda

Nama domain adalah identitas utamatoko online Anda. Nama domain yang bagus menjadi kunci dari kesuksesan bisnis Anda ke depan. Jadi, coba pikirkan nama domain yang ear-catchy, mudah diingat, dan sesuai dengan minat target pasar produk Anda.

  • Rancang Website Ecommerce Anda

Meskipun Anda telah mempercayakan pembuatan toko online kepada perusahaan pembuatan web profesional, Anda tetap harus membuat keputusan mengenai tampilan web e-Commerce. Misalnya skema warna, image apa yang ditampilkan, penataan etalase produk, tautan media sosial apa yang akan dipasang, dan lain sebagainya. Tentukan tampilan yang sesuai dengan bidang bisnis Anda. Umpama Anda ingin membuat website ecommerce untuk produk furniture, maka pilihlah template bernuansa kayu, bukan template pastel yang mungkin lebih cocok untuk produk fashion.

  • Pasang Metode Pembayaran untuk Pelanggan

Ini langkah paling vital untuk mengonversi seorang pelanggan potensial menjadi pelanggan loyal. Pilihan metode pembayaran saat ini beragam, bukan hanya bank dan kartu kredit saja melainkan juga digital payment system seperti GoPay, OVO, Doku, dll. Perusahaan jasa pembuatan website ecommerce dapat membantu Anda untuk mengintegrasikan payment gateway pilihan Anda ke dalam web, tetapi perusahaan Anda juga harus menyiapkan diri untuk jadi vendor dalam sistem pembayaran terkait.

Nah, untuk lima langkah pembuataan website ecommerce berikutnya akan kami sajikan pada postingan artikel kedepan, ditunggu yah teman-teman.

WhatsApp Support
Kami online menjawab kebutuhan/ pertanyaan Anda.
👋 Hi, dengan Gravcode, ada yang bisa dibantu?