0818-305-845 | 0857-3170-5474 gravcode@gmail.com

3 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pembuatan Situs NGO

Seperti halnya media atau perusahaan, dalam NGO (Non-Government Organization) interface website yang bagus, jelas dan informatif lebih benefit ketimbang situs yang cenderung memanjang dengan banyak teks di homepage. Perlu digarisbawahi, karakteristik netizen pada umumnya lebih menyukai halaman awal yang singkat, padat juga informatif. Seiring dengan berkembangnya internet, lembaga-lembaga non kepemerintahan seperti itu banyak bermunculan di internet. Bagi NGO sendiri, pengoptimalan website dalam aktivitasnya sendiri berfungsi memperluas jaringan, memperlancar komunikasi antar anggota, memperkenalkan program hingga menggalang donasi. Namun tidak dipungkiri juga, situs-situs NGO seringkali ditemui dengan desain website organisasi seadanya, padahal program dan kampanye yang dibuat perlu di apresiasi.

Maka dari itu, pembuatan website organisasi perlu diperhatikan mulai tampilan hingga kontennya karena mampu mempengaruhi hasil akhir dari organisasi tersebut. Umumnya website NGO sejenis organisasi, LSM dsb perlu memperhatikan tiga hal, yaitu gaya penulisan, kuantitas pesan, dan panjang halaman. Ketiga unsur itulah yang nantinya akan mempengaruhi psikis pengunjung yang sedang mencari tahu, ingin berkontribusi atau bahkan memberi donasi.

Mengajak orang bergabung dalam organisasi/LSM ibarat menawarkan produk pada pembeli. Bedanya, dalam hal ini tidak ada foto katalog, banderol harga, komposisi dsb. Yang ada hanya teks dan foto terkait organisasi. Hindari pemakaian kalimat bertele-tele serta penggunaan tanda baca berlebihan. Semisal “!” (tanda seru) atau “?” (tanda tanya) berkali-kali, penerapan seperti itu jelas mempengaruhi semiotika bahasa karena semakin diulang jelas bisa melenceng dari makna awal. Oleh sebab itu teks berperan cukup penting dalam memberi alur bagi pengunjung web. Pemakaian jasa content management system atau copywriter bisa lebih menguntungkan, karena mereka paham betul bagaimana merangkai paragraf persuasif bertempo santai, sehingga tidak ada tekanan ketika orang membaca teks berisi ajakan untuk bergabung.

Selain teks, kuantitas pesan juga perlu diperhatikan. Hindari pesan yang terlalu panjang, untuk mengantisipasi itu perlu adanya hyperlink atau rujukan dari artikel yang dibuat sehingga pembaca dapat melengkapi informasi di halaman lain selain homepage. Dalam desain website organisasi ada baiknya memanfaatkan visualisasi gambar atau video, cara ini berfungsi menyingkat kuantitas pesan agar lebih ringkas karena bisa diwakili melalui embed video atau galeri foto.

Berikutnya, panjang halaman. Untuk mengaturnya Pembuatan website organisasi harus melakukan pembagian informasi secara logis berdasarkan kebutuhan primer. Optimalkan fitur-fitur website untuk mempersingkat halaman agar pengunjung tidak perlu melakukan scroll ke bawah berkali-kali. Ingat, biarkan visitor masuk berkunjung ke tiap halaman. Disamping meningkatkan traffic, hal seperti itu juga bisa menumbuhkan rasa ingin tahu yang lebih, maka dari itu jangan munculkan semua program, charity, donasi atau kontribusi di homepage.

WhatsApp Support
Kami online menjawab kebutuhan/ pertanyaan Anda.
👋 Hi, dengan Gravcode, ada yang bisa dibantu?