0818-305-845 | 0857-3170-5474 gravcode@gmail.com

5 Hal yang Harus Dipahami Email Marketer

Memahami dunia marketing digital perlu pendalaman teknis. Jika dalam suatu agensi periklanan seorang marketing perlu memahami setiap proses publikasi dari macam-macam kertas dan mesin pencetak/printer yang digunakan, teknik mencetak, proses pewarnaan, distribusi dan sistem postage, seorang marketing di era digital di mana lebih banyak mengirim newsletter daripada menyebar brosur. Segi teknis pun menjadi hal yang tak kalah penting.

Nyatanya, kini jarang sekali ditemui seorang marketing yang memiliki latar belakang pengetahuan seperti yang diutarakan di atas. Ini hal yang lumrah, karena basis medianya pun berubah dari sebuah kertas fisik menjadi halaman virtual.

Namun meski berubah menjadi serba digital pun ada beberapa hal yang harus dimengerti oleh seorang marketing. Berikut beberapa tips untuk membuat newsletter yang penting untuk dipahami oleh email marketer.

Bagaimana Email Dikirim

Dikutip dari Derek Harding untuk Mashable, seorang email marketer harus paham bagaimana hal ini bekerja. Bagaimana sesungguhnya email dikirim, mulai dari server dan DNS menuju ke SMTP (Simple Mail Protocol Transport). Ini mungkin terdengar konyol untuk dipahami oleh seorang marketing. Namun ini pengetahuan yang penting karena berhubungan dengan dampak penyebaran email dalam suatu area. Sebab filter untuk spam berdasarkan proses ini, siapa yang mau email promosinya hanya berakhir di folder spam?

Bagaimana Tampilan Email

Website menggunakan bahasa HTML atau hypertext markup language yang juga sama dengan email. Namun ‘dialek’ dari HTML sebuah website akan sangat berbeda dengan HTML email. Ini disebabkan fasilitas email yang tidak secanggih sebuah website yang lantas berpengaruh terhadap tampilan/layout sebuah email.

Apalagi dengan tren gadget dan macam-macam platform lainnya yang mengandalkan tampilan layar responsif, seorang marketer harus tahu betul apa yang bisa dan tidak bisa diterapkan di sini. Jika target pasar penjualan ialah mereka yang lebih banyak membaca email menggunakan smartphone pastikan email promosi yang dikirim sanggup beradaptasi dengan layar yang kecil.

Statistik Dasar

Secara efektif melakukan pengukuran terhadap data dari email yang terkirim dan berapa banyak yang diklik atau dibaca bisa menjadi perbedaan untung dan rugi. Tidak hanya email, namun seluruh program atau kampanye promosi yang sudah dan akan dilaksanakan.

Kemananan

Seorang email marketer juga akan bertanggungjawab pada kuantitas data pribadi serta keamanannya. Dari data yang ada baru keputusan akan dibuat. Melakukan prospek intensif atau hanya akan mengkoleksinya sebagai database yang akan digunakan sewaktu-waktu. Maka dari itu segi keamanan pun juga harus diperhatikan. Mengerti tentang apa yang fundamental, peraturan perusahaan dan kode etik pemasaran akan membantu dalam pembuatan keputusan.

Pondasi Direct Marketing

Bagaimanapun modern-nya seorang marketing dengan komputer dan internetnya. Pondasi marketing konvensional juga lah yang akan menjadi basis pekerjaan. Beberapa sales mungkin masih bisa mendapatkan banyak leads yang bisa diprospek, namun tanpa mengerti apa yang menjadi dasar pemasaran, prestasinya tidak akan berumur panjang.

Maka dari itu memahami 4P dan 3M merupakan keharusan. Pengertian akan ProductPrice (harga), Place (tempat), Promotion dan Market (pasar), Message (pesan), Medium (media) masih relevan untuk digunakan dan dimaksimalkan demi melaksanakan kampanye pemasaran yang efektif.

Paling tidak kelima hal di atas merupakan aspek yang harus dipahami untuk setiap email marketer. Dalam Gravcode pun kelimanya merupakan pedoman yang penting. Kami mengkombinasikan paham marketing konvensional yang masih layak untuk diterapkan dengan pengetahuan modern tentang newsletter dan melakukan pengukuran efektivitas untuk seterusnya mengembangkan strategi yang pas sesuai target dan keinginan klien. Hubungi kami untuk berkonsultasi tentang email marketing.

WhatsApp Support
Kami online menjawab kebutuhan/ pertanyaan Anda.
👋 Hi, dengan Gravcode, ada yang bisa dibantu?