031-9984-0128 | 081-656-2605 [email protected]

Aplikasi vs Web Reponsif: Bagi Pengguna Layanan

Tidak semua hal yang berbau dunia internet selalu mempunyai kelebihan. Terkadang setelah melakukan pengamatan lebih dalam, masih ada titik kelemahan dalam dunia maya itu. Salah satunya tentang aplikasi dan web responsif. Kedua hal tersebut identik dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Inilah era digital, dimana melalui satu genggaman gadget semua bisa dijangkau.

Namun manakah yang lebih baik?

Penggunaan aplikasi membutuhkan beberapa hal persiapan sebelum menggunakannya. Pertama, mengunduh aplikasi itu sendiri. Sedikit lebih detail ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan, yaitu koneksi internet, kuota data, dan waktu.

Berbeda lagi dengan situs responsif. Waktu yang dibutuhkan lebih singkat. Terlebih lagi situs responsif dinilai lebih unggul dengan memotong inisiasi awal menunduh aplikasi. Faktanya saat ini mobile browser sudah tersedia di berbagai sistem operasi.

Jadi manakah yang anda pilih? membuang waktu singkat hanya untuk mencari, mengunduh, dan menjalankan aplikasi untuk mendapat konten yang sama?

Web Responsif Tingkatkan SEO
Selain menguntungkan bagi penggunan layanan, hal ini juga mengguntungkan bagi para pelaku pembuat situs. Bentuk tampilan website yang responsif ternyata mempengaruhi kriteria dalam mesin pencarian, google search. Google sangat memprioritaskan pengalaman para penggunanya. Tak hanya konten yang unik dan berkualitas saja, desain website yang friendly juga digunakan oleh googlebot, mesin google yang melakukan seleksi, dalam menyeleksi website mana yang layak terpampang di halaman awal-awal mesin pencari Google.

Sebelumnya, pada 21 April 2015 lalu, Google telah mengindeks hasil pencarian di mesin pencari dengan menitikberatkan pada situs yang mobile friendly. Perubahan ini akan mempengaruhi hasil pencarian secara global, serta akan berdampak bagi pencarian mobile dalam berbagai bahasa di mancanegara.

Google menyatakan bahwa responsive web design merupakan konfigurasi yang disarankan untuk mobile websites. Hal ini karena desain website yang responsif memiliki satu URL dan HTML yang sama, terlepas dari perangkat, yang membuatnya lebih mudah dan lebih efisien untuk Google menjelajah (crawling), melakukan indeks, dan mengatur konten. Google lebih memilih responsive web design karena konten yang hidup di satu website dan satu URL akan lebih mudah digunakan untuk berbagi, berinteraksi, dan memberi link ke konten daripada mobile aplication.

1
Selamat datang di Gravcode Studio!
Powered by