0818-305-845 | 0857-3170-5474 gravcode@gmail.com

Bisnis Travel & Internet

Saatnya Digitalisasi Usaha Pariwisata Dengan Website Travel

Sejak teknologi menjamin kemudahan transportasi, industri travel ialah salah satu prospek usaha yang menjanjikan. Agensi travel menjadi pihak ketiga yang akhirnya menjadi suatu ketergantungan bagi mereka yang menginginkan kemudahan dalam pembelian tiket atau informasi perjalanan.

Namun sejak tahun 90an, angka profit sebuah penyedia paket perjalanan atau penyedia penjualan tiket mulai turun secara pasti. Ini karena stagnansi metode marketing yang diterapkan oleh pengusaha travel tidak sejajar dengan maju kembangnya teknologi media informasi dunia saat ini. Internet.

Internet telah terbukti menjadi satu media teknologi yang menjadikan banyak pekerjaan berakhir mudah. Bisnis dan kegiatan komersil pun tak luput dengan dampak positif yang ditawarkan dalam olah kata dan visual yang seakan tanpa batasan kreatifitas ini.

Tapi perlu diingat, di awal semaraknya transisi bisnis dan aktivitas komersial beserta promosi dan marketing menuju digitalisasi berupa sajian HTML, internet juga menjadi ancaman besar pengusaha konvensional, tak terkecuali pengusaha travel yang memanfaatkan media marketing kuno seperti iklan koran atau televisi. Jika tak ingin kandas kalah dengan penyedia tiket dan promo paket wisata online, ikut memasuki era virtual pun menjadi satu keharusan pondasi usaha.

Website Travel Sudah Punya. Berkualitas? Belum Tentu

Permasalahan tak selesai hanya dengan mengekor dalam pembuatan website dan sebar promosi di internet, saling tukar backlink dan pasang banner sponsor untuk meningkatkan visitor melainkan mengerucut pada kualitas dan isi website itu sendiri, termasuk konten dan kinerja SEOnya. Lalu apa kriteria mendirikan sebuah website travel yang berkualitas? Gravcode menyimpulkan dalam lima kriteria vital seperti di bawah,

Konten dan Statistik Monitor

Perhatikan kualitas konten dan statistiknya pada platform yang digunakan. Baik WordPress, Joomla atau Blogger, isi website ialah yang paling diamati oleh pengunjung. Apalagi untuk konten sebuah situs agensi travel. Selain tulisan orisinil manfaatkan juga Google Analytics untuk memonitor mana saja yang menjadi favorit para pengunjung dan pelajari apa yang paling tidak diminati dalam website tersebut. Lakukan perbaikan atau update segera untuk menambah performanya.

Untuk website travel penting sekali untuk mengolah konten dengan tampilan. Artinya, foto dan gambar juga menjadi hal yang penting untuk mengundang pengunjung. Sebagai contoh ialah Bromocycling.com, Gravcode mengambil konsep portfolio fotografi untuk mengubah stereotipe travel website yang melulu merupakan tampilan daftar harga dan paket wisata tanpa memberi kesan betapa luar biasa berada pada tujuan wisata tersebut. Selain gambar, video pengalaman atau testimonial bisa menjadi bumbu vital untuk menarik jumlah klik dan kunjungan.

Terpercaya dan Jelas

Masih berkaitan dengan konten, sebuah agen pariwisata atau travel mengandalkan jasa yang bergantung pada kepercayaan pengguna. Maka dari itu penting untuk melengkapi website travel dengan data perusahaan atau pendiri yang jelas, navigasi yang mudah dan kontak informasi yang jelas. Sertakan email resmi dan daftar perusahaan afiliasi jika ada, sebagai bukti bahwa kinerja agen travel Anda telah mendapat pengakuan yang pantas.

Pembaharuan isi secara berkala dan dukungan desain, konsep dan tema yang representatif selain mengintegrasikannya dengan beberapa jejaring sosial untuk menunjukkan bahwa website travel tersebut media aware  dan mudah aksesibel dari macam-macam platform.

Responsif dan Mobile Ready

Memutuskan untuk menggunakan tema responsif mungkin salah satu yang sering dilupakan oleh empunya website travel karena perkiraan tentang pengguna internet lebih banyak menggunakan komputer untuk mengakses sebuah website. Ini salah besar.

Chart Statista seperti yang dirilis oleh Mashable jelas menerangkan bahwa pengguna internet dengan handphone, smartphone atau tablet memiliki bilangan signifikan, apalagi di Asia! Dan dengan produksi komputer kantong yang tak mengendur plus pengguna internet praktis mencapai 1.2 miliar orang, optimisasi website travel agar mobile ready menjadi prioritas.

Loading Cepat

Fakta di lapangan sebanyak 50% pengguna internet menginginkan loading laman tidak sampai lima detik, dan keterlambatan lebih dari satu detik menyebabkan kurang lebih 10% turunnya pengunjung baru. Lalu bagaimana jika pengunjung tersebut dalam keadaan tergesa untuk memesan tiket atau mencari detail tertentu tentang tempat wisata yang akan dikunjunginya? Jelas ia menginginkan website yang cepat, terlepas tampilan visual dan konten yang informatif.

Apakah website travel milik Anda sudah cukup cepat? Gunakan Google Page Speed Tool atau hubungi kami untuk mengkonsultasikannya. Perlu diingat jika tampilan visual berbanding terbalik dengan kecepatan. Maka dari itu semakin indah dan bagus display sebuah website, akan makin lamban loadingnya. Bahkan jika dilakukan peningkatan performa, kecepatan masih tergantung dalam banyak hal, seperti letak geografis, penyedia jaringan dan lainnya.

Pentingnya SEO Untuk Website Agen Travel

Tak terkecuali website travel, SEO menjadi bagian penting sebagai salah satu faktor kesuksesan agensi travel online dalam mengeruk potensi keuntungan dari pengunjung. Sebelum berpikir keuntungan, ada baiknya mengerti betapa pentingnya mengolah SEO untuk mendatangkan visitor. Baca artikel tentang SEO dan website travel selanjutnya.

WhatsApp Support
Kami online menjawab kebutuhan/ pertanyaan Anda.
👋 Hi, dengan Gravcode, ada yang bisa dibantu?