031-9984-0128 | 081-656-2605 develop@gravcode.com
Digital Marketing Masa Depan Pemasaran Global

Digital Marketing: Masa Depan Pemasaran Global

Perkembangan teknologi sudah jelas mendisrupsi komponen marketing mix dari cara-cara marketing tradisional menjadi marketing digital. Model digital marketing juga tidak berhenti berkembang, makin banyak variasinya. Mulai dari iklan berbayar, optimasi mesin pencari (SEO), email marketing, media sosial, influencer, video marketing, dan banyak lagi turunannya. Teknologi digital, baik hardware maupun software, memperjelas alasan mengapa digital marketing sudah wajib diadopsi oleh bisnis di Indonesia sebagai masa depan pemasaran global.

Mari kita lihat fakta dan proyeksi berikut,

  1. Data real-time semakin diperhatikan berbagai perusahaan sebagai dasar untuk mengungguli persaingan. Peran data real-time ini diperkirakan akan semakin dominan, disebabkan kemajuan teknologi artificial intelligence, semakin murah dan mudah sehingga dapat dimanfaatkan bukan hanya perusahaan besar saja, tapi juga bisnis kecil dan menengah.
  2. Pengguna aplikasi mobile akan jauh lebih banyak dari sekarang, dengan frekuensi penggunaan harian yang berlipat pertambahannya. Statistik menunjukkan pengguna mobile di Indonesia baru mencapai 47.6% per 2019. Ini angka yang masih belum seberapa dibanding negara tetangga, tetapi sudah cukup fantastis mengingat jumlah penduduk Indonesia yang besar. Penetrasi ini diperkirakan tumbuh cepat bersamaan dengan Generasi Z yang sudah mulai diantisipasi pemasar, yang jauh lebih tanggap teknologi dibanding Generasi Millenial.
  3. Makin banyak aplikasi sosial yang mempercepat penyebaran topik konten tertentu. Topik viral di dunia online selalu menarik perhatian dan menjadi pusat perbincangan banyak orang, karena kemudahannya untuk berbagi. Sebuah brand dapat memanfaatkan faktor viral ini secara aktif melalu kanal media yang dimilikinya, memanfaatkan keterlibatan pengguna media untuk melekatkan brand ke audiens potensial.
  4. Sistem pemesanan dan pembayaran digital via aplikasi mobile makin banyak dipergunakan dengan pertimbangan keamanan, kepraktisan, dan keuntungan yang ditawarkan ke pengguna sebagai hasil persaingan antar penyedia jasa pembayaran.
  5. Data pengguna yang terhimpun melalui digital marketing, dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan konteks pemasaran secara tertarget. Misalnya mengirim email berisi pengingat tentang barang-barang yang tertinggal di cart, menampilkan iklan selaras dengan kata kunci yang paling banyak dicari oleh pengunjung, atau menampilkan produk atau merek yang masuk dalam minat pengunjung.
  6. Data Webbycentral di 2018 menyebutkan 86% konsumen mengatakan mesin pencari (search engine) telah membantu mereka mencari hal-hal baru atau hal-hal penting, serta memperluas wawasan mereka. Ini juga merupakan peluang bagi brand baru untuk menarik perhatian konsumen potensial.

Ada banyak lagi fakta yang mengarah ke penggunaan digital marketing di masa datang. Sebaiknya Anda mulai mempelajari dan menerapkannya di bisnis Anda mulai sekarang.

Pada tulisan kami sebelumnya tentang Internet Marketing vs Tradisional Marketing disimpulkan kalau Internet Marketing jauh lebih unggul dari segi biaya, efektifitas yang tepat pada target, dan impactful, memberi kesan yang hebat untuk meningkatkan citra brand bisnis.

Konsultasikan kebutuhan digital marketing untuk bisnis Anda pada tim kreatif kami di Gravcode Studio. Kami memiliki pengalaman yang bisa menjadi keuntungan untuk usaha Anda dalam memanfaatkan teknologi digital untuk tujuan pemasaran. Termasuk jasa seo, jasa internet marketing, jasa desain grafis dan pembuatan konten, juga pay per click ads.

WhatsApp Support
Kami online menjawab kebutuhan/ pertanyaan Anda.
👋 Hi, dengan Gravcode, ada yang bisa dibantu?