031-9984-0128 | 081-656-2605 develop@gravcode.com
apakah email marketing masih relevan

Apakah Email Marketing Masih Relevan di Tahun 2020?

Sebuah riset oleh McKinsey & Company pada tahun 2019, menyebutkan bahwa email marketing lebih efektif dalam menjangkau target konsumen potensial daripada Twitter atau Facebook. Pembelian yang dipicu oleh email diperkirakan tiga kali lipat lebih besar daripada konversi pembeli via media sosial. Nilai rata-rata pembelian juga 17 persen lebih tinggi. Tapi apakah email marketing masih relevan di tahun 2020 ini?

Mengapa relevan ?

Latar belakang utama tingginya efektivitas email marketing dalam riset McKinsey & Company adalah besarnya pengguna email harian, dan berlandaskan data tersebut dapat dijadikan sebagai acuan bahwa memang masih cukup efektif. In addition dari riset McKinsey & Company , berikut ini beberapa riset lainnya :

  1. Statista (2020) menunjukkan jumlah pengguna email mencapai 3.9 miliar pada tahun 2019. Total pengguna diperkirakan akan meningkat jadi 4.1 miliar pada tahun 2020. Ini baru setengah dari populasi dunia.
  2. DMA UK Ltd (2019) menyebutkan bahwa email marketing memberikan return on investment yang sangat tinggi. Setiap 1 USD anggaran yang dikeluarkan memberikan ekspektasi return sebesar 42 USD.
  3. Riset Emarsys menunjukkan bahwa email marketing merupakan andalan UKM dalam akuisisi pelanggan. Akuisisi pelanggan dalam digital marketing terutama diperoleh melalui email marketing (81%), kemudian disusul oleh organic search (62%), paid search (59%), dan media sosial (51%).
  4. Data Omnisend (2018) menunjukkan bahwa email marketing yang dirancang dengan automation workflows akan memberikan open rate hingga 309% dan click rate 455% lebih tinggi dibanding bulk newsletter. Automation mengacu pada upaya memastikan email mencapai penerima yang tepat pada saat yang tepat dengan cara memadukan web anaytics dan email platform, misalnya mengirim pengingat barang tertinggal dalam cart kepada member.
  5. Data Litmus (2018) menunjukkan bahwa 46 persen email dibuka melalui mobile. Email merupakan metode yang bagus untuk menjangkau pengguna smartphone, termasuk mereka yang enggan mengelola media sosial secara konsisten.

Selain data-data tersebut, perilaku konsumen merupakan alasan penting mengapa email perlu diperhatikan oleh perusahaan dari beragam segmen bisnis. Pertama, email dapat dikustomisasi sesuai minat pelanggan. Hal ini membuat metode ini bersifat lebih personal ketimbang iklan di media sosial ataupun Google Ads, in other words dengan menjalankan metode yang sudah ada secara tekun cukup membantu . Kedua, email hanya akan dikirim sesuai β€œizin” dari calon pelanggan Anda. Izin ini merupakan langkah pertama dalam proses akuisisi loyal customer Anda.

Apa yang menjadi kesimpulan ?

Dengan mengelola email secara komprehensif, Anda dapat merancang sales funnel yang lebih efisien dan tertarget. But above all, kerja keras, ketekunan dan do’a yang selalu dipanjatkan dapat membantu mempermudah kegiatan apapun. Bingung bagaimana cara memulainya? Konsultasikan kebutuhan Anda pada penyedia jasa pembuatan website Surabaya yang memberikan layanan terpadu mencakup digital marketing dan jasa SEO Terbaik.

WhatsApp Support
Kami online menjawab kebutuhan/ pertanyaan Anda.
πŸ‘‹ Hi, dengan Gravcode, ada yang bisa dibantu?