031-9984-0128 | 081-656-2605 [email protected]

Manfaatkan Google Maps, Pantau Jalur Mudik

Kini Google Maps telah memperbarui fiturnya yang tak sempurna menjadi hal berguna untuk hadapi momen Idul Fitri yang identik dengan mudik. Tak lama lagi momen Idul Fitri akan datang. Masyarakat harus mempersiapkan segala sesuatunya agar tak ada hambatan saat perjalanan.  Salah satunya adalah menyiapkan aplikasi pendukung untuk mendukung perjalanan.

Dalam fitur baru itu, Google Maps akan membantu penggunanya dalam memperoleh informasi jalan raya secara detail. Mulai dari informasi kemacetan real time di 19 kota Indonesia. Meliputi kota Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Semarang, Bandar Lampung, Padang, Medan, Banda Aceh Denpasar dan Makasar.

Untuk menikmati fitur ini pengguna bisa mengaktifkan pilihan Traffic di Google Maps sebelum melakukan perjalanan. Setelah itu masukkan rute lokasi yang hendak dituju. Nantinya pengguna cukup melihat kode warna yang menujukkan situasi jalan  menuju lokasi. Warna hijau untuk menandakan lancarnya situasi jalan, orange berarti padat, dan merah untuk macet. Untuk menikmati fitur ini Google Maps dapat diakses melalui perangkat bergerak atau komputer.Pembaharuan fitur Goole Maps ini termasuk dalam bagian peningkatan layanan terhadap informasi fasilitas umum.

Direktur Manajemen Progam Google Indonesia, Suren Ruhela melalui pernyataan tertulis menyatakan tujuan memperbarui Google Maps agar pemudik bisa menemukan rute tercepat untuk menuju lokasi yang diinginkan. Dalam menggunakan fitur baru ini tergolong mudah. Selain mengaktifkan pilihan traffic, nantinya penggguna fitur akan memperoleh petunjuk lain. Seperti saat memperoleh pilihan rute. “Ada penjelasan kenapa rute itu disarankan,” ucap Ruhela, mengutip Tempo.

Adapun fitur tambahan seperti informasi kecelakaan, perbaikan jalan, ataupun penutupan jalan. Hal ini tentu memudahkan pemudik yang hendak berpergian jauh. Ketika ada kejadian tersebut Google Maps akan memberikan informasi. Sehingga rute alternatif bisa pengguna pilih agar perjalanan tetap lancar.

1
Selamat datang di Gravcode Studio!
Powered by