0818-305-845 | 0857-3170-5474 gravcode@gmail.com

Mengatasi Komentar Spam di Website atau Blog

Banyak aspek yang harus diperhatikan ketika mengelola sebuah website atau blog. Beberapa aspek yang harus diperhatikan antara lain posting, visual, desain, traffic, hingga SEO. Namun, terkadang ada beberapa aspek penting yang dilupakan. Salah satunya mengenai komentar, khusunya komentar spam. Aspek ini sangat penting diperhatikan supaya website atau blog selalu dalam kondisi optimal dan jauh dari hal-hal yang dapat mengancam seperti hacking.

Kolom komentar pada website atau blog sangat rawan dan bisa menjadi salah satu target utama spam. Biasanya komentar spam dilakukan untuk menanam backlink SEO. Bot-spam juga digunakan untuk mengirimkan komentar pada website atau blog yang sistem pencegahannya lemah. Berikut merupakan strategi dalam mengatasi komentar spam.

Menggunakan CAPTCHA

CAPTCHA merupakan sebuah tes yang harus dilewati oleh si pemberi komentar. Tes didesain hanya manusia yang bisa menjawab. Si pemberi komentar akan diberi perintah untuk memasukkan kode verifikasi.

Mengaktifkan Filter atau Plugin Pencegah Spam

Platform sebuah website atau blog biasanya memiliki fitur penyaring atau filter spam yang fungsinya untuk mengenali komentar spam dan memisahkan komentar tersebut pada tempat tersendiri, sehingga komentar tersebut tidak ditayangkan. Fitur ini sudah otomatis berjalan, pengguna hanya cukup melakukan pengawasan. Namun terkadang beberapa komentar spam masih bisa lolos, sehingga perlu moderasi atau penghapusan manual.

Moderasi Komentar

Moderasi komentar artinya menahan komentar agar disetujui terlebih dahulu oleh pemilik website atau blog (webmaster) sebelum komentar tersebut ditayangkan. Webmaster dapat menyisihkan komentar-komentar spam yang mengganggu sehingga tidak akan muncul. Namun, cara ini kurang efektif karena webmaster perlu memoderasi komentar satu per satu. Hal ini tentu akan menyulitkan apabila komentar yang masuk sangat banyak.

Registrasi untuk Bekomentar

Menyediakan fitur registrasi member pada saat ingin berkomentar dapat membatasi siapa saja yang diperbolehkan untuk berkomentar. Yang bisa berkomentar hanya anggota yang sudah mendaftar saja.

Blok IP (Internet Protocol)

Dengan mem-blok IP maka akses bot akan terhalang dan tidak bisa melakukan serangan spam. Fitur ini banyak tersedia pada platform website atau blog yang berbayar atau yang menggunakan hosting.

WhatsApp Support
Kami online menjawab kebutuhan/ pertanyaan Anda.
👋 Hi, dengan Gravcode, ada yang bisa dibantu?