0818-305-845 | 0857-3170-5474 gravcode@gmail.com

Menulis Konten Berkualitas yang Ramah SEO

SEO selalu menjadi kunci ranking suatu halaman web dalam Google atau search engine lainnya. Dengan rumus yang tepat, konten yang telah di-SEO akan memperoleh lebih banyak pengunjung, yang berarti juga efektifnya fungsinya sebagai alat marketing.

Namun kepenulisan SEO yang baik belum tentu diimbangi dengan kualitas informasi yang disajikan dalam halaman web tersebut.

Kata kunci seperti ‘restoran sea food Surabaya’ bisa menjadi modal untuk mendapat banyak pengunjung website tapi juga bisa memiliki efek buruk ketika penempatan dalam tubuh konten tidak berimbang.

Lalu bagaimana cara menulis artikel atau konten website yang berisikan informasi berkualitas namun juga maksimal dalam SEO sehingga memperoleh target pembaca yang tepat?

Setidaknya ada lima hal paling umum yang menjadi panduan penulis untuk menyeimbangkan gaya kepenulisan dan penerapan SEO yaitu,

Menulis Konten yang Relevan dan Berkualitas

Segala macam tips dan trik SEO tidak akan berhasil jika dasar kepenulisan yang merupakan media menyampaikan informasi gagal di tahap pertama yaitu relevansi, tata bahasa, gaya kepenulisan dan kualitas keseluruhan masih kurang.

Pengunjung akan masuk karena penerapan SEO-nya berhasil atau SEO friendly memanipulasi mesin pencari seperti Google namun tidak sampai semenit, pengunjung akan berpindah ke website lain karena informasi yang dicarinya tidak didapati dalam website pertama tersebut.

Maka dari itu, jika menulis dalam website dengan tema ‘restoran sea food Surabaya’ pengisian konten dan halaman harus memiliki relevansi dan orisinalitas yang tinggi. Agar informasi tersampaikan pada pembaca yang tepat sehingga kesempatan untuk di-share, dijadikan referensi dan mendapat kunjungan balik juga tinggi.

Keseimbangan dalam menggunakan keyword

Jika satu artikel sudah matang dalam segi kualitas, saatnya memperhatikan penempatan keyword yang tersebar dalam body artikel dan seberapa presentase kata kunci yang tepat agar tidak terjadi penumpukan yang mengurangi kualitas dan gaya tulisan.

Presentase kata kunci menjadi hal yang paling diperhatikan di sini agar tidak terjadi apa yang disebut dengan keyword overloading/overuse karena malah berdampak buruk dalam Google.

Gunakan kata kunci di paragraf pertama

Perlu diperhatikan jika yang dimaksud menggunakan artikel dalam paragraf pertama tidak sama dengan menulis ulang judul dalam paragraf pertama. Jumlah keyword yang diselipkan pun juga harus menjadi perhitungan.

Tidak hanya berguna untuk menulis artikel SEO friendly, penulisan kata kunci di paragraf pertama merupakan cara terbaik untuk menginformasikan pada pengunjung isi atau tema sebuah artikel. Dengan demikian kualitas tulisan dan keefektifan SEO bisa seimbang.

Deskripsi Meta

Apa itu deskripsi meta? Deskripsi meta ialah rangkuman kecil yang akan muncul pada listing Google atau search engine lainnya saat pencarian kata kunci dilakukan.

Google sendiri membatasi penulisan meta hanya sekitar 150-160 karakter, dan dibutuhkan kemampuan tersendiri untuk menyelipkan kata kunci yang relevan di dalamnya. Dengan kata kunci dan deskripsi meta yang pas, kesempatan halaman web untuk diakses oleh pembaca lebih tinggi.

Modifikasi permalink sesuai kata kunci

Cara terakhir ini sering dilupakan oleh pembuat konten. Padahal modifikasi permalink atau URL halaman tidak mempunyai efek apa-apa terhadap kualitas tulisan. Sebaliknya dengan merubah permalink sesuai kata kunci mempunyai dampak positif terhadap SEO atau ramah SEO. Namun tidak disarankan untuk menggunakan permalink yang tidak merefleksikan isi konten di dalamnya.

Seperti misalnya menggunakan kata kunci ‘warteg murah Surabaya’ untuk halaman web yang berisi artikel tentang restoran seafood. Hal seperti ini malah membuat halaman tersebut diranking buruk oleh mesin pencari.


Menulis artikel SEO friendly untuk sebuah website dengan memperhatikan kualitas memang membutuhkan waktu. Namun cara kombinasi ini tidak sulit dan bisa diterapkan dengan mudah dengan kelima tips di atas.

Gravcode sendiri telah berpengalaman dalam hal memaksimalkan penggunaan SEO untuk mengelola berbagai tipe website, mulai profil perusahaan dan kepemerintahan, hingga website komunitas dan toko online. Masing-masing menggunakan rumusan kata kunci yang telah dipelajari terlebih dahulu, sehingga tepat sasaran dan teranking baik pada setiap mesin pencari. Untuk berkonsultasi tentang SEO, hubungi kami di halaman ini.

WhatsApp Support
Kami online menjawab kebutuhan/ pertanyaan Anda.
👋 Hi, dengan Gravcode, ada yang bisa dibantu?