0818-305-845 | 0857-3170-5474 gravcode@gmail.com

Pentingnya Berada di Halaman Pertama Google Search

Dalam suatu pencarian, pernahkah pengguna internet dalam penggunaan sehari-harinya memasuki halaman kedua atau ketiga Google? Kalaupun pernah berapa presentasinya? Fakta surveinya, hanya pengguna yang putus asa dengan kata kunci dan orang iseng saja yang menyempatkan diri membuka Google di halaman 3, 4, 5 atau 6.

Dan memang mayoritas jawaban dari suatu kata kunci pencarian telah berada di halaman pertama Google, kecuali iklan dari Google itu sendiri. Menjadi satu nama di halaman pertama dalam Google boleh dikatakan sebuah prestasi digital dan prospek marketing sekaligus. Sebab halaman pertama ialah tempat bagi mereka-mereka yang informasi, jasa dan produknya paling relevan dan paling menjawab pertanyaan pencari, meski bukan jaminan yang paling bermutu.

Sebuah nama orang, perusahaan, jasa, produk, band atau merek dagang, yang ditemukan dalam halaman pertama Google bahkan bisa menjadi acuan bahwa nama tersebut bakal hancur atau tidak. Ini kedengaran mengerikan, tapi nyatanya memang demikian. Mengingat banyaknya perusahaan yang beralih metode marketing dengan lebih dari 80% usaha pemasaran mereka memanfaatkan internet.

Cara Berada di Halaman Pertama Google

Lalu bagaimana agar selalu muncul di halaman pertama Google? Jawabannya tidak mungkin kecuali nama tersebut tergabung sebagai konten ensiklopedi dengan miliaran database konten seperti Wikipedia. Sebuah situs bisa berada di halaman pertama hanya jika ia lah yang paling relevan dari suatu kata kunci pencarian. Misalnya Situs PT. Sumber Selamat memiliki jangkauan kata kunci di seputar produknya seperti HPL.

Jadi yang dibutuhkan oleh PT. Sumber Selamat untuk berada di halaman pertama Google berkisar di pencarian seperti: HPL Sumber Selamat, HPL Surabaya, Jual HPL Surabaya, Apa itu HPL, Beli HPL Surabaya, Produk Interior Surabaya dan pengolahan kata yang relevan tentang PT. Sumber Selamat, produk dan lokasinya dan isi website-nya.

Namun bagi mereka yang paham SEO, berada di halaman pertama Google ialah hal yang bisa dimaksimalkan. Untuk mengerti SEO bisa dibaca pada artikel ini

Meningkatkan Pengunjung dengan SEO

Kesalahpahaman Tentang SEO

Pentingnya SEO Bagi Bisnis Online

Keuntungan Berada di Halaman Pertama Google

Untuk mereka yang memahami prospek marketing, kesepepuluh fakta di bawah ini bisa menjadi bahan pelajaran dan pengembangan untuk websitenya masing-masing. Jika Anda termasuk orang yang baru ingin memulai bisnis melalui internet, fakta-fakta ini bisa menjadi perpekstif dan bayangan tentang keuntungan jika nama produk/jasa Anda berada di halaman 3 dengan nama produk/jasa lain yang berada di halaman satu.

  1. Ranking pertama di setiap pencarian akan mendapatkan 42.25% dari semua trafik
  2. Posisi kedua memperoleh klik sebanyak 11.94%
  3. Posisi ketiga mendapatkan 8.4%
  4. Keempat memperoleh klik sebanyak 6.05%
  5. Sisanya di halaman pertama sebanyak 5%
  6. 10 link pertama, di halaman pertama total mendapatkan 89.71% dari semua klik.
  7. 10 berikutnya (di halaman kedua biasanya, hanya menerima 4.37%)
  8. Halaman ketiga memperoleh 2.42%
  9. Halaman kelima memperoleh 1.07%
  10. Halaman lainnya memperoleh kurang dari 1% klik

Daftar di atas didapatkan dari survei yang dilakukan oleh AOL dengan mesin pencari mereka, yang di Indonesia sendiri sangat jarang menggunakannya. AOL sendiri kelabakan setelah daftar ini disebarluaskan oleh peretas.

Dan perlu diingat jika setiap klik ialah pengunjung web yang jika web tersebut diolah dengan konten dan informasi yang relevan atau sesuai, maka dapat menghasilkan prospek marketing yang merupakan tujuan utama sebuah produk/jasa di internet.

WhatsApp Support
Kami online menjawab kebutuhan/ pertanyaan Anda.
👋 Hi, dengan Gravcode, ada yang bisa dibantu?