0818-305-845 | 0857-3170-5474 gravcode@gmail.com

Pentingnya Link Bagi SEO dan Pembaca

Setelah pada artikel sebelumnya yang berjudul Menulis Konten Berkualitas yang Ramah SEO membahas tips untuk memperoleh keseimbangan antara kualitas dan penerapan SEO, kali ini Gravcode akan menjelaskan tentang pentingnya referential link untuk SEO.

Referential link atau link keluar yang menuju post lain, atau ke website lain, juga bisa mempengaruhi presisi SEO dalam sebuah penerbitan konten dalam website.

Referential linking dibagi menjadi dua yaitu internal linking dan external linking, yang akan dijelaskan di bawah.

Perbedaan internal linking dan external linking

Internal linking ialah sebuah link yang merujuk pada postingan atau halaman dalam website yang sama.

Seperti link berikut ini – LINK

Sedangkan external linking merupakan link yang merujuk pada postingan atau halaman di website lain.

Seperti link berikut ini – LINK

Mana yang lebih penting?

Keduanya sama-sama penting, link internal memiliki sifat referensial dalam website yang sama. Hal ini bertujuan bagi Google untuk kemudahan melakukan pemetaan ketika crawling serta menunjang penerapan SEO. Pembaca pun bisa mendapatkan manfaatnya jika sebuah postingan memiliki link yang bekerja sebagai related articles. Selain menambah referensi, juga bisa meningkatkan pageviews suatu artikel/halaman dan yang pasti merupakan cara baik untuk memperkecil bouncerate.

Sedangkan link menuju ke website lain berguna untuk menunjukkan adanya referensi yang merujuk kepada sumber lain, menunjukkan orisinalitas, dan jelasnya sumber tulisan berasal. Bisa juga menunjukkan adanya kolaborasi kepenulisan digital dan sebagai bentuk tribute bagi halaman lain yang memiliki kontribusi ide atau kesamaan tema.

Di sisi pembaca juga penting, link keluar membuktikan bahwa selain halaman yang sedang dibaca, terdapat sumber lain yang juga serupa. Ini merupakan bentuk saling berbagi/sharing yang efektif dalam mesin pencarian.

Pembaca pun tidak berhenti di satu tempat, melainkan mendapat lebih dari satu sumber informasi. Ingat tulisan Anda ditujukan untuk pembaca manusia, tidak sekedar robot dari mesin pencari. Bagi Google, external linking bermanfaat untuk menginformasikan bahwa Anda memiliki banyak referensi yang valid, tidak hanya meng-copy saja.

WhatsApp Support
Kami online menjawab kebutuhan/ pertanyaan Anda.
👋 Hi, dengan Gravcode, ada yang bisa dibantu?