031-9984-0128 | 081-656-2605 develop@gravcode.com

Pentingnya Merancang Tagline bagi Toko Online

Persaingan toko online kian hari makin ketat, mati satu tumbuh seribu. Seiring berjalannya waktu tiap brand bermunculan, bahkan tiap personal juga tidak mau kalah dengan membuat toko onlinenya secara mandiri. Oleh karena itu, selain bersaing sehat menawarkan barang berkualitas, fleksibilitas servis serta harga yang pas, sebuah toko online dituntut memiliki keorisinilan dan konsep berdagang sendiri yang nantinya akan jadi daya tarik.

Tagline toko tentu jadi syarat mutlak di samping menyusun website dengan navigasi simpel serta katalog dan metode pembayaran mudah. Jakob Nielsen pernah melakukan riset terhadap karakter orang ketika mengunjungi sebuah situs atau scanning web.  Dalam risetnya sembilan tahun silam itu muncul asumsi yang menyimpulkan bahwa pola orang dalam melakukan scanning web hampir menyerupai huruf ‘F’. Artinya, pengunjung akan lebih dulu menyapu bagian atas secara horizontal dari kiri ke kanan.

Sorotan awal calon pembeli hampir pasti jatuh pada logo yang kebanyakan berada di sudut kiri atas, di sana pula biasanya terdapat tagline. Dalam implementasinya, tagline memiliki banyak fungsi, salah satunya ialah menjadi alasan bagi pembeli untuk menetap lebih lama di toko online anda dan percaya terhadap produk beserta layanannya. Tagline tidak bisa sembarangan di buat, setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan sebelum tagline anda hanya menjadi teks biasa tanpa makna dan fungsi apapun.

Aturan pertama tagline ialah tentang kejelasan. Dalam poin ini tagline harus bisa menjelaskan kombinasi ‘produk yang di jual’ serta ‘target yang dituju’, rumus ini cukup fungsional dalam melakukan filter pengunjung, semisal tagline: “Toko Peralatan Bayi”, otomatis yang tidak berkepentingan selain orang tua yang memiliki bayi akan langsung berpindah halaman. Adakalanya toko online anda lebih baik di datangi orang-orang yang memang berniat berbelanja ketimbang didatangi pengunjung yang di luar target tanpa ada niatan berbelanja sehingga memenuhi bandwith web. Ini cukup efektif bagi toko online yang menyasar segmen tertentu.

Berikutnya, penting untuk menunjukan pada calon pembeli tentang apa yang anda jual beserta manfaatnya. Perlu ditekankan juga bahwa konsumen tidak sekadar membeli produk, tapi hanya membeli manfaat dari produk tersebut. Oleh karena itu, perlu ditekankan sebuah tagline yang merujuk pada hal tersebut, seperti: “Krim Awet Muda Tanpa Efek Samping”, tagline tersebut menunjukan dua variabel, yaitu ‘Krim’ sebagai produk yang anda jual serta ‘Awet Muda Tanpa Efek Samping” menjadi manfaatnya.

Terakhir, buat list keunggulan produk dari toko-toko online lainnya. Perlu diketahui bahwa pada paragraf pertama sudah dijelaskan betapa sulitnya menonjol di antara marakanya brand yang terus bermunculan. Berangkat dari alasan itu, anda perlu memilah keunggulan atau kelebihan produk yang belum terekspos oleh kompetitor lain. Jika sudah ditemukan, maka gunakan itu sebagai tagline utama. Kombinasikan tiga poin di atas menjadi satu kalimat yang singkat, padat, dan tentunya persuasif sebagai tagline toko online anda.

WhatsApp Support
Kami online menjawab kebutuhan/ pertanyaan Anda.
👋 Hi, dengan Gravcode, ada yang bisa dibantu?