0818-305-845 | 0857-3170-5474 gravcode@gmail.com

SEO dan Media Sosial Untuk Usaha Travel

Pengaruh SEO dan media sosial bisa menjadi perbedaan antara sukses dan gagalnya usaha travel atau rental mobil

Belakangan ini, riset yang dikembangkan oleh Komisi Travel Eropa (European Travel Commission) menyimpulkan bahwa sebanyak 78% masyarakat yang berlibur menggunakan internet sebagai media pemesanan paket bepergian mereka. Baik itu pesan tiket, paket wisata atau sekedar bernavigasi dalam situs travel online. Terhitung, tren ini meningkat sebanyak 47% sejak boomingnya internet travel di tahun 2008. Sepertinya, selama agen travel, rental mobil, atau jasa pemesanan tiket masih memiliki tempat di masyarakat, efek internet tak bisa diabaikan. Malah, industri travel-lah yang harus memanfaatkan internet sebaik mungkin. Apa di Indonesia mengikuti tren yang sama? Jawabannya adalah ya. Lalu bagaimana memaksimalkan internet sebagai alat marketing untuk website travel?

Pertama ialah mengerti tentang SEO untuk bisnis travel. SEO ialah proses untuk membuktikan atau menyaring relevansi/hubungan dan nilai suatu produk/jasa/website terhadap suatu kata kunci pencarian. Semakin tinggi peringkat suatu website ketika Anda menginput kata dalam Google, maka kemungkinan besar website tersebut ialah yang paling Anda cari. Nah, jika SEO ini difokuskan untuk industri travel, maka yang harus dilakukan ialah dengan mengisi sebanyak-banyaknya kata kunci yang berkaitan dengan travel dan wisata atau rental kendaraan. Untuk lebih jelas tentang SEO, Anda bisa membaca ketiga artikel di bawah ini:

Tak kalah penting di Indonesia era internet ini ialah peran sosial media. Facebook, Twitter, Tumblr, blog dan banyak aplikasi jejaring sosial lainnya merupakan alat marketing vital yang sering disepelehkan oleh pengusaha travel. Perlu dipahami jika SEO tak hanya berguna di dalam sebuah website, melainkan juga menjadi kata kunci aktif di dalam jejaring sosial manapun. Dan mengingat kemampuan serta fitur yang ditawarkan oleh jejaring sosial saat ini, sangat mungkin mengolah sebuah artikel atau gambar yang akan diranking oleh Google jika hal tersebut mempunyai relevansi tinggi dengan search term tertentu. Tentu saja, dalam kasus media sosial, interaksi tinggi sangat dibutuhkan. Fitur seperti likes, followers, retweets, pins, shares akan memainkan perannya masing-masing dalam strategi marketing dan algoritma masing-masing platform sosial media. Di mana pentingnya? Semua akan membawa visitor kepada kesempatan yang lebih besar untuk mengunjungi website travel milik Anda. Semua media sosial memiliki pengaruh yang sama. Artinya, Facebook dengan pengguna paling banyak tak membuatnya menjadi terpenting di antara semua jejaring sosial. Pinterest, YouTube, LinkedIn juga memiliki pengaruh marketing yang sama. Bahkan Pinterest ialah jejaring sosial yang paling memiliki efek terhadap merek travel (Travel Brands) di tahun 2012. Yang bisa disimpulkan di sini ialah, dengan besarnya industri travel dan lebih besarnya pengguna internet di Indonesia, melangkah dan berinovasi di dalam internet ialah langkah marketing yang cerdas. Dari segi manapun, berinfestasi dengan sebuah website travel dan media sosial travel–dengan SEO yang baik–dapat menjadi pembeda antara bisnis travel atau rental yang sukses dengan yang gagal. Untuk mengetahui lebih lanjut layanan SEO dan konsultasi bisnis online lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi laman kami di sini atau langsung konsultasikan dengan menghubungi kami di sini.

WhatsApp Support
Kami online menjawab kebutuhan/ pertanyaan Anda.
👋 Hi, dengan Gravcode, ada yang bisa dibantu?