031-9984-0128 | 081-656-2605 [email protected]

Situs yang Aman Teranking Lebih Baik di Google

Kini Google akan memprioritaskan website yang aman dalam hasil pencariannya. Memberi urutan lebih tinggi sebagai apresiasi untuk perusahaan atau pengembang membuat website yang aman dan melindunginya dari potensi hacker atau malware.

Sejauh perhitungan Google, website dengan ‘HTTPS’ di mana ‘S’ merupakan singkatan secure atau aman mencapai 56% dari seluruh website yang ada di dunia.

Dengan mesin pencari (sekaligus peranking) terbesar ini lebih memihak kepada penggunaan HTTPS, mereka yang ingin membuat website mau tak mau harus mengeluarkan lebih banyak dana untuk mengembangkan profil atau toko online mereka untuk membuat website yang aman.

Padahal, alasan ini pula yang menjadikan mereka enggan untuk mempertebal sistem keamanan pada website-nya di tempat pertama. “Kami melihat bertambahnya jumlah webmasters yang mengadopsi HTTPS pada website yang dikembangkannya, dan ini bagus sekali,” tulis Google dalam blognya.

“Beberapa bulan belakangan kami melaksanakan percobaan untuk menilai website yang menggunakan sistem keamanan sebagai sinyal pada algoritma ranking pencarian kami. Kemi melihat hasil positif, jadi kami mulai untuk menggunakan HTTPS sebagai acuan ranking.”

Meski hingga saat ini kadarnya masih di bawah sinyal yang lebih relevan dalam pencarian, seperti konten berkualitas tinggi, Google merencanakan akan memperkuat sinyal ‘aman’ ini di waktu yang akan datang. Sekaligus memberi jeda agar perusahaan dan pengembang website mau membuat website yang aman dengan HTTPS.

Langkah ini merupakan bagian dari kampanye besar Google untuk membuat internet sebagai tempat yang lebih aman dan terpercaya. Bahkan untuk mendukung cita-citanya ini, tim hackers dipekerjakan untuk menangani proyek dengan judul Project Zero dan bertugas untuk mencari bug dalam website.

1
Selamat datang di Gravcode Studio!
Powered by