0818-305-845 | 0857-3170-5474 gravcode@gmail.com

Strategi Marketing Online Bag. I: Optimalkan Pencarian Lokal

Mereka yang memahami pemasaran digital, mengetahui betul jika tak perlu mahal untuk memperluas target pasar dan memperoleh populasi pelanggan baru.

Sayang, minimnya sosialisasi dan edukasi tentang hal ini sering menjadi perangkap banyak pelaku bisnis komersial yang telah menghabiskan puluhan hingga ratusan juta rupiah demi mensukseskan kampanye marketingnya.

Bagi Gravcode sendiri hal ini merupakan ironi untuk Indonesia. Di mana penggunaan internet mulai diperluas dan harga aksesnya pun dipermurah agar bisa dinikmati setiap orang untuk revolusi teknologi bangsa, memanfaatkannya untuk mencari nafkah malah harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Kami merasa sosialisasi pemanfaatan internet secara maksimal perlu terus diinformasikan. Baik untuk membangun profil pribadi atau suatu komunitas, atau untuk memaksimalkan bisnis yang menginginkan perluasan target pasar konsumen. Gravcode merumuskan paling tidak ada tiga poin utama yang harus diterapkan jika ingin mendapat hasil signifikan dengan marketing online atau e-Marketing. Poin pertama tentang memanfaatkan dan memaksimalkan local search untuk marketing akan dibahas di bawah.

Marketing online menunjukkan signifikannya local search

Secara konvensional, listing atau kumpulan daftar paling komplet bisa didapatkan melalui Yellow Pages. The Yellow Pages Association melaporkan bahwa 900 juta referensi dirilis tiap bulannya untuk kebutuhan pencarian lokal. Namun seiring perkembangan jaman, internet pun memfasilitasi kemampuan referensialnya dengan local search atau pencarian lokal.

ComScore, perusahaan penganalisa data marketing dalam internet, memperkirakan terdapat lebih dari 17 miliar pencarian dengan memanfaatkan mesin pencari online seperti Google dan Bing. Didukung fakta saat Google merilis estimasi yang menyebutkan bahwa 20% dari semua pencarian dalam Google merupakan pencarian lokal. Sedang Bing dengan 53% pencarian lokal. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa usaha kecil menengah pun bisa bersaing secara online.

Ini sering terbukti saat netizen (pengguna internet) mengetik pencarian dengan frase ‘restoran sari laut Surabaya’. Pengaruh ranking dalam pencarian lokal memegang peranan penting. Mereka yang menerapkan penggunaan kata kunci tersebut, ditambah registrasi lokasi yang tepat dalam Google, bisa mendapat pengunjung lebih banyak daripada lainnya.

Seperti menurut riset Chikita, tiga daftar teratas pada halaman pertama Google akan mendapat 63% trafik, dan sisanya 32%. Sedang halaman kedua hanya mendapat trafik 5%.

Gravcode telah membuktikan hal ini. Dengan optimasi pencarian lokal, klien kami PT. PATAYA SARANA NIAGA mendapat pasar lebih luas setelah mengembangkan sebuah website profil di http://ptpsn.co.id dan memaksimalkan strategi marketingnya dengan penerapan SEO tepat target. Hingga mendapatkan target pasar baru di wilayah Indonesia Timur dan pengunjung website yang terus meningkat.

Cara mengoptimalkan local search

Langkah pertama yang paling mudah untuk dilakukan tentu saja dengan menggunakan teknik SEO yang baik dan benar. Penerapan SEO berfungsi untuk memperoleh ranking yang baik dalam pencarian mesin pencari seperti Google

Berikutnya pengoptimalan bisa meliputi,

  • Tetap konsisten menggunakan nama resmi bisnis/profil
    Karena berguna sebagai snippet mesin pencari,  hindari penggunaan singkatan atau istilah yang rancu dan tidak relevan dengan bisnis/profil.
  • Selalu membangun link untuk referral yang menuju pada website
    Secara rutin dan terus menerus menyelipkan link menuju website pada platform lain seperti media sosial, Facebook, Twitter dan lainnya. Hingga forum-forum dan website lain yang memiliki relevansi tema dengan website Anda.
  • Terus perbarui konten secara dinamis
    Tulis artikel, informasi dan berita yang mendukung bidang dan tema website Anda. Ini berguna untuk memaksimalkan kata kunci pencarian. Anda bisa membaca artikel kami tentang betapa pentingnya konten untuk sebuah website.
  • Tulis alamat lengkap, email dan nomer telepon
    Kejelasan alamat tidak hanya menjadi simbol transparansi bisnis dan profil, melainkan bermanfaat untuk pencarian lokal dengan menggunakan mesin pencari.
  • Usahakan mendapat feedback dari pengunjung atau pelanggan
    Sebuah ulasan, testimonial atau komentar terkadang bisa menjadi strategi terbaik untuk memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan sebuah website.

Langkah dan proses di atas merupakan cara sederhana yang bisa diterapkan. Untuk memperoleh detail dan pengerjaan maksimal agar memperoleh manfaat maksimal dalam pencarian lokal untuk bisnis Anda. Silahkan konsultasikan pada kami. Untuk membaca artikel tentang Strategi Marketing Online bagian selanjutnya silahkan klik dua artikel di bawah ini.

Strategi Marketing Online Bag. II: Ulasan, Testimonial dan Komentar

Strategi Marketing Online Bag. III: Beriklan Online

WhatsApp Support
Kami online menjawab kebutuhan/ pertanyaan Anda.
👋 Hi, dengan Gravcode, ada yang bisa dibantu?