031-9984-0128 | 081-656-2605 [email protected]

Tampilan Responsif pada Website Dongkrak SEO

Beberapa tahun silam, kebanyakan netizen lebih menyukai browsing menggunakan komputer atau laptop. Namun saat ini, ketertarikan tersebut sudah berbalik. Kebanyakan netizen sekarang lebih gemar melakukan browsing dengan perangkat mobile. Tercatat sebanyak 80 persen pengguna internet saat ini menggunakan perangkat mobile. Alasan utamanya selain karena praktis, perangkat mobile kini memiliki fitur canggih yang tidak kalah dengan komputer maupun laptop. Mulai dari kecepatan, tampilan, ukuran, hingga software yang ada di dalamnya.

Namun dibalik kecanggihan yang ada dalam perangkat mobile, bentuk ukuran pada layar memiliki berbagai variasi yang ternyata dapat membuat halaman website yang didesain khusus menjadi tidak responsif. Oleh karena itu, para pengembang website harus menyesuaikan kondisi ini. Mereka harus mampu mendesain sebuah layout website yang bisa disesuaikan di seluruh perangkat.

Bentuk tampilan website yang responsif ternyata juga dapat mempengaruhi  kriteria dalam google search. Google sangat memprioritaskan pengalaman para penggunanya. Tidak hanya karena konten yang unik dan berkualitas saja, desain website yang friendly juga digunakan oleh googlebot, mesin google yang melakukan seleksi, dalam menyeleksi website mana yang layak terpampang di halaman awal-awal mesin pencari Google.

Kabarnya, mulai 21 April mendatang, Google akan mengindeks hasil pencarian di mesin pencari dengan menitikberatkan pada situs yang mobile friendly. Perubahan ini akan mempengaruhi hasil pencarian secara global, serta akan berdampak bagi pencarian mobile dalam berbagai bahasa di mancanegara.

Google menyatakan bahwa responsive web design merupakan konfigurasi yang disarankan untuk mobile websites. Hal ini karena desain website yang responsif memiliki satu URL dan HTML yang sama, terlepas dari perangkat, yang membuatnya lebih mudah dan lebih efisien untuk Google menjelajah (crawling), melakukan indeks, dan mengatur konten. Google lebih memilih responsive web design karena konten yang hidup di satu website dan satu URL akan lebih mudah digunakan untuk berbagi, berinteraksi, dan memberi link ke konten daripada website mobile yang terpisah.

1
Selamat datang di Gravcode Studio!
Powered by